Harga Karet Nyungsep, Peneliti Dorong Replantasi dan Program Aspal Karet - Bentara Sumatera Selatan

Sumsel Terkini

Harga Karet Nyungsep, Peneliti Dorong Replantasi dan Program Aspal Karet

Banyuasin - Harga karet yang makin anjlok dalam kurun waktu 3 bulan belakangan harus menjadi perhatian serius Pemerintah. Peneliti di Pusat Penelitian Karet Sembawa Radite Tistama menyebutkan, imbas dari murahnya harga karet tersebut faktor dari permintaan karet yang menurun di seluruh dunia. “Imbasnya tentu ke petani karet, oleh sebab itu program replanting atau peremajaan perkebunan harus didorong lagi dan pembangunan jalan aspal karet harus diteruskan hingga ke jalan-jalan yang ada di pedesaan,” ungkapnya kepada detiksumsel.com.
Harga Karet Nyungsep, Peneliti Dorong Replantasi dan Program Aspal Karet
Radite menilai, saat ini terlebih sedang dihadapi pada masa harga sangat rendah dan bahkan berdasarkan forecast atau ramalan hingga tahun 2025 harga masih relatif rendah merupakan waktu yang tepat untuk melakukan peremajaan karet. “Khususnya untuk karet yang sudah tua dengan sistem jarak lebar sehingga petani dapat mengusahakan tanaman lain digawangan karet,” terangnya.

Lanjut dia, tanaman lain yang bisa ditanam digawangan karet bisa seperti tanaman pangan, hortikultura atau perkebunan lain seperti coklat kopi, gambir, pinang dan lain-lain. Menurutnya, Pemerintah Sumsel dalam hal ini Gubernur Sumsel harus duduk bersama lagi mencari solusi agar harga karet tidak terus menerus anjlok. “Paling tidak di Sumsel ini ada pabrik untuk menampung karet rakyat disamping program jalan aspal karet dan replanting,” ulasnya.

Dikatakan lagi, jika ada pabrik baru penampung karet rakyat tentu nantinya bisa lebih ke industri barang setengah jadi atau barang jadi. “Pabrik tetap bisa eksis, dan petani karet bisa tertolong pendapatannya,” tandasnya.

Sumber: Detik Sumsel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Membaca...