3 Pendaki Alami Hiportemia di Gunung Dempo, SAR Lakukan Evakuasi - Bentara Sumatera Selatan

Sumsel Terkini

3 Pendaki Alami Hiportemia di Gunung Dempo, SAR Lakukan Evakuasi

Tiga pendaki terkena hiportemia ketika mendaki menuju puncak Gunung Dempo, pada Sabtu (20/6).  Beruntung ketiganya cepat dievakuasi tim SAR gabungan pada Ahad (21/6). Tiga pendaki itu Sintia (19), Putri (17), dan Imel (17). Informasi yang dihimpun menyebutkan, ketiganya berangkat bersama empat rekannya pada Sabtu sekira pukul 13. 00 WIB lewat jalur Rimau. Setiba di jalur hutan lumut, Sintia, Putri, dan Imel terkena hiportemia-semacam penurunan suhu tubuh.
3 Pendaki Alami Hiportemia di Gunung Dempo, SAR Lakukan Evakuasi
Rekan ketiga survivor ini lalu meminta bantuan tim SAR gabungan pada Sabtu malam (20/6). “Begitu dapat kabar, kita langsung menerjunkan petugas ke lokasi,”ujar Koordinator Pos SAR Pagaralam, Kemas Ismail ST. Tim SAR gabungan tiba di lokasi dan langsung mengevakuasi korban. Caranya dengan digendong menuruni jalur pendakian menuju posko Tugu Rimau. Informasi yang dihimpun menyebutkan, para pendaki tersebut terdiri dari tiga orang perempuan bernama Imel, Shintia, dan Putri. Dan empat orang pendaki laki-laki bernama Renal, Akbar, Erlangga, dan Agung.

Menurut keterangan Kasi Kedaruratan BPBD Kota Pagaralam, Azzer Febrian, semua pendaki sudah berhasil dievakuasi oleh tim gabungan SAR BPBD, Basarnas, TNI, Polri, Dinkes, dan tim relawan lainnya melalui jalur pendakian Tugu Rimau. Dia mengatakan, setiba di Tugu Rimau, korban langsung dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Besemah Kota Pagar Alam menggunakan ambulans. “Mereka berhasil dievakuasi dan ditolong. Para pendaki akan mendapat pemeriksaan kesehatan dan pemeriksaan lebih lanjut,” ungkapnya.

Sumber: Sumeks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Membaca...